Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

Pidato Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alkhamdulilaah Wassolatu Wassalamu 'Ala Rosulillah wa'ala alihi wasohbihi wamauwala Laa Khaula walaa Quwwata Illa Billah. Amma ba'du.

(Ucapkan Kalimat Penghormatan)

Salam Pemuda!
Indonesia yang kita cintai ini merupakan sebuah Negara Kesatuan yang Kokoh, berdaulat dan bermartabat, mari kita jaga persatuan dan kesatuan itu dengan segala bentuk kepribadian Nasionalisme kita, Patriotisme, dan kecintaan kita kepada Tanah Air, mengingat dihari ini adalah hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, dimana sejarah telah membuktikan pemuda pemuda Indonesia yang tidak mudah dihasut, berani, dan berjuang membela Bangsa untuk melawan penjajah saat itu, bersama dengan para Pahlawan-Pahlawan kita, untuk itu sumpah Pemuda demi Nusa, Bangsa dan Bahasa adalah sebuah persatuan yang tidak dapat dijebol oleh siapapun dan bangsa manapun. Negri yang damai, penuh toleransi, kerukunan, kebersamaan, gotong royong, tercakup dalam sebuah makna Bhineka Tunggal Ika ini, mencirikan jalinan persatuan bangsa yang utuh.

Wahai Para Pemuda yang saya banggakan.
Sumpah Pemuda bukanlah sebuah Teks belaka, bukan pula sebuah cerita lampau yang anda baca kemudian anda jadikan sebuah pengetahuan belaka, Sumpah Pemuda adalah sebuah Ikrar Kesetiaan, Janji kita bersama untuk Indonesia, dan jangan pernah mengingkari Janji kita, mengingat jeri payah para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk Indonesia, untuk itu marilah kita bersatu untuk bersama melawan segala macam bentuk yang mengancam NKRI, melawan Koruptor, melawan penjajahan dengan bentuk apapun, Melawan Diskriminasi, Melawan kemalasan, dan lain sebagainya, sehingga kita dapat menjadi manusia yang penuh dengan harapan yang gemilang. 

Negeri kita saat ini banyak dilanda masalah, kita bisa menyaksikan beberapa kasus di media-media yang beredar, yang mungkin saja itu dapat melemahkan jati diri kita sebagai pemuda, seperti Korupsi yang bergentayangan, banyaknya para pemuda yang tidak memiliki pekerjaan, kurangnya kreativitas dan kesadaran untuk mencari ilmu, semua kita bisa menyaksikan bersama pada saat ini, masa yang seharusnya kita genggam, kita raih, kita wujudkan untuk menjadi lebih baik, namun banyak yang merongrongnya dengan baebagai hal, untuk itu lawan Koruptor, Lawan Kapitalisme yang membuat teman-teman kita menjadi pengangguran, mulai hari ini marilah kita turun kejalan raih masa depan kita untuk Indonesia yang maju dan bernyali dimata Dunia. Marilah kita bangkit, singsingkan lengan dan maju!

Para Pemuda yang penuh semangat.
Kebersamaan adalah kunci kesuksesan, yang akan menjadikan sebuah kekuatan yang tak dapat dijebol, untuk itu kita kembali pada sumpah kita yakni sumpah pemuda yang bersatu untuk Nusa, Bangsa dan Bahasa, sedikit saya ulas dan marilah kita bacakan bersama-sama teks kalimat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.. Mulai..

SUMPAH PEMUDA

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dengan kita mengucapkan Teks Sumpah Pemuda Tadi, hal itu merefleksikan betapa besar bangsa ini saat itu dimana pada masa penjajahan didepan mata, sedangkan saat ini kita banyak yang lupa akan esensi makna sumpah pemuda tersebut, untuk itu marilah kita menjunjung tinggi nilai-nilai kepemudaan untuk Indonesia, belajar, dan berjuang untuk negeri ini.

Demikian Pidato dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kunjungi Ini.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar