Beranda Contoh MC Kata Bijak Sambutan Tata Bahasa Puisi Sastra

MC Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Terlebih dahulu kumpulkan data siapa saja tokoh masyarakat atau pejabat yang datang pada acara ini sehingga dalam pembukaan atau muqaddimah kita bisa menyampaikan penghormatan awal.
Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh

Alhamdulillah, wash shalatu was salamu ‘alaa rasulillah, muhammad ibnu Abdillah, wa’la alihi wa ash-habihi wa man walah, amma badu:
Al Mukaromun para alim ulama yang senantiasa kami ta’ati. Wabil khusus bapak KH. ...............
Yang terhormat Bapak Camat Suka Makmur beserta
Yang terhormat Bapak Kepala Desa Suka Maju beserta perangkatnya.
Yang terhormat Panitia Penyeienggara Pengajian ‘Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini. 
Para tokoh masyarakat, sesepuh, penusepuh Desa Suka Maju, Segenap undangan, hadirin-hadirat yang berbahagia.

Alhamdulillahirabbil alamiin. Puja dan puji syukur sepatutnya kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Karena pada malam hari ini kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat di tempat ini dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.Semoga kehadiran kita semua mendapat ridha Allah SWT. Amin.Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang telah mengeluarkan manusia dari zaman kegelapan yaitu zaman jahiliyah-kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama islam.

Saudara hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Sebagai pembawa acara dalam Peringtan maulid Nabi Muhammad SAW. Yang diselenggarakan oleh ..... ini, perlu kami bicakan susunan mata acara pada malam hari ini yaitu: 
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur’an
3. Pembacaan shalawat Nabi Muhammad SAW.
4. Sambutan ketua panitia penyelenggara
5. Sambutan Bapak Kepala Desa .......
6. Sambutan Bapak Camat ............
7. lstirahat - Iain-lain
8. Ceramah agama yang akan disampaikan oleh KH. ........... dari .............
9. Penutup/Doa.
Demikianlah susunan mata acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. pada malam hari Ini, semoga kita dapat mengambil hikmah dan teladan hidup Nabi Muhammad SAW baik perjuangan beliau hingga akhlak beliau yang sangat mulia sehingga menjadi uswatun hasanah.

Sebelum memasuki acara yang kedua yaitu Pembacaan ayat-ayat Suci Al-Qur’an, marilah kita buka terlebih dahulu acara ini dengan pembacaan Ummul Kitab (Surat Al-Fatihah). Ilaa hadrati nabbiyil musthofa , rasululillah muhammadin saw. Al-fatihah....
Terima kasih mudah-mudahan dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi acara demi acara kita pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan apapun.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an
Melangkah pada acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ............. kepadanya dipersilahkan.(Sesudah qari’ selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara .........)
Kepada ....... ..kami sampaikan banyak terima kasih, semoga pembacaan ayat-ayat SUCI Al Qur an tadi mudah-mudahan membawa manfaat dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin.
Memasuki acara yang ketiga yaitu, pembacaan shalawat Nabi Muhammad SAW. yang akan dipimpin oleh yang terhormat Ustadz .... ..kepada beliau kami persilahkan.

Pembacaan Shalawat Nabi.
(Setelah pembacaan shalawat, MC kembali melanjutkan acara dengan menyampaikan terima kasih). Demikianlah tadi pembacaan shalwat Nabi Muhammad SAW. yang teiahdipimpin oleh ustadz ......... Kepadanya kami sampaikan banyak terimah kasih, semoga dengan bacaan shalawat tadi kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. semaknn bertambah, sehingga kelak kita termasuk golongan orang yang mendapatkan syafa’at beliau pada hari kiamat nanti. 

Hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia, melangkah ada acara selanjutnya yaitu sambutan ketua panitia penyelenggara. Dalam hal ini, akan disampaikan oleh yang bapak .......... kepada yang terhormat bapak ........... .. kami persilahkan. 

Sambutan Ketua Panitia
Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak........ yang telah menyampaikan sambutan atas nama ketua Panitia............. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bapak............ selaku Kepala Desa .......... kepada beliau kami persilakan.

Sambutan Kepala Desa
(Setelah acara sambutan panitia selesai MC kembali mengambil kembali acara dengan menyampaikan terima kasih, misalnya) Kepada Bapak ........ kami sampaikan banyak-banyak terima kasih. Atas partisipasi dan kehadiran bapak Kepala Desa/Lurah pada acara ini
Selanjutkan sambutan akan disampaikan oleh Bapak Camat ............ kepada bapak......... kepada yang terhormat Bapak .............. kami persilahkan.

Sambutan Camat
(Setelah acara sambutan Camat selesai MC kembali melanjutkan acara dengan menyampaikan terima kasih). Kepada bapak Camat.......... kami sampaikan banyak terima kasih. Atas Partisipasi serta kehadirannya pada acara yang mulia ini. terlebih dahulu untuk beristirahat sejenak Kepada rekan-rekan kami persilahkan untuk menyiapkan secuil jamuan dari kami.

Istirahat dan lain-lain
(Setelah waktu istirahat selesai, MC kembali melanjutkan acara) Bapak, lbu, hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.Kini sampailah kita pada yang kita tunggu-tunggu yautu acara inti Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. yaitu ceramah agama yang akan dnsampalkan oleh Al-Mukarom................ Kepada yang terhormat Bapak KH. kami persilahkan. 

Acara Inti, Ceramah Agama
(Setelah ceramah agama semelanjutkan acara) Demikian tadi uraian panjang lebar ceramah agama yang telah disampaikan Al Mukarom KH.............. . Mudah-mudahan kita bisa meneladani perjalanan dan akhlak junjungan kita yaitu Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi uswatun hasanah, diakui kehebatannya baik oleh kaum muslimin maupun non muslim.

Para hadirin yang terhormat, Acara demi acara telah kita lalui bersama dengan baik dan lancar, tibalah kita pada acara do’a dan penutup. Bapak, lbu, hadirin dan hadirat sekalian yang terhormat. Acara do’a akan dipimpin oleh yang terhormat bapak KH.............. ..namun sebelum do’a dimulai, kami sebagai pembawa acara apabila di sana-sini ada kekurangan dan kekhilafan maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirnya, Wallaahul muwaffiq ilaa aqwamit thariq

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Untuk acara penutup/do'a kami serahkan kepada KH............. Kepada Beliau Waktu dan tempat kami persilahkan.

2 comments

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Silahkan berkomentar